Selasa, 10 Januari 2012

Sasando Sebaiknya Dikolaborasi dengan Musik Modern

upang, FloresNews.com - Musik tradisional Sasando asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebaiknya dikolaborasi dengan musik modern agar popularitasnya tidak hanya sampai di kawasan Nusa Tenggara saja.

"Kolaborasi ini penting agar alat musik tradisional itu lebih dikenal di tingkat nasional maupun internasional," kata komposer musik dan lagu dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Agus Beda Ama di Kupang, baru-baru ini.

Ia mengatakan, hasil racikan musisi kenamaan Dwiki Dharmawan pada pagelaran festival musik Sasando memperbutkan Piala Presiden di Kupang belum lama ini dengan merajut sendu lagu ciptaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono "Ku Yakin Sampai Di Sana" merupakan salah contoh kolaborasi yang diinginkan.

"Ini salah satu cara bagaimana agar musik Sasando ini tidak sekedar menjadi konsumsi di kalangan orang NTT, Bali dan sekitarnya saja, tetapi juga dinikmati oleh masyarakat Indonesia dan dunia internasional," katanya.

Beda Ama sependapat dengan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik yang optimis Sasando dapat bersanding di pelataran musik tradisional dengan provinsi lainnya, jika dikolaborasikan dengan musik modern yang berkembang pesat saat ini.

Beda Ama yang juga salah satu tim juri pada pagelaran Festival Musik Sasando itu mengatakan Menteri Jero Wacik sangat terpesona dengan racikan musik petik Sasando oleh musisi Dwiki Dharmawan yang dikolaborasi dengan musik modern.

"Setelah menikmati kolaborasi musik tradisional dengan musik modern yang dimainkan musisi Dwiki Dharmawan itu, Menteri Jero Wacik langsung berjanji akan menggelar fesitaval serupa di tingkat nasional. Ini memberi isyarat kuat bahwa Sasando akan jauh lebih populer jika dikolaborasikan dengan musik modern,

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes